Assalamualaikum
Wr.Wb.
Selamat
malam, selamat membaca sedikit penjelasan mengenai Perkembangan Manusia
khususnya perkembangan peserta didik. Check it out!
Manusia
hidup mulai dari lahir ke dunia sampai ajal menjemput telah mengalami
perkembangan. Perkembangan diartikan sebagai tumbuh kembang, mengalami
perubahan bentuk maupun rohani. Bahkan di dalam Alquran Surat Al mu’min ayat 67
telah dijelaskan bahwa adanya perkembangan pada manusia. Perkembangan diartikan
sebagai pertumbuhan, penyesuaian, dan perubahan yang teratur dan berlangsung
lama sepanjang perjalanan hidup. Perkembangan dialami dengan adanya tanda
perubahan secara berlangsung lama artinya dialami secara terus menerus dan
berlaku selama masa hidupnya di dunia. Pada dasarnya ciri-ciri perkembangan
dapat didefinisikan yaitu perkembangan berlangsung secara terintegrasi, lalu
setiap manusia memiliki kecepatan perkembangan masing-masing yang tentunya
berbeda setiap individu. Perbedaan ini mengartikan bahwa perkembangan manusia
memiliki variasi. Lalu ciri selanjutnya yaitu perkembangan tidak terjadi secara
sekaligus, akan tetapi perkembangan terjadi secara bertahap tergantung masanya,
perkembangan dapat diartikan berlangsung secara berkelanjutan. Perkembangan
juga dipengaruhi dari faktor lingkungannya. Apabila lingkungannya mendukung
untuk proses perkembangannya, maka perkembangan manusi tersebut akan berjalan
semestinya. Dan sebaliknya, apabila faktor lingkungannya kurang mendukung, maka
tahap perkembangannya pun akan berpengaruh pada diri siswa tersebut.
Perkembangan yang mudah dapat dilihat oleh mata kita yaitu perkembangan secara
jasmani. Perkembangan jasmani ditandai dengan perubahan-perubahan seperti berat
badan, tinggi badan, serta aktivitas yang manusia lakukan.
Terdapat
bermacam-macam teori-teori perkembangan yang dipelopori oleh berbagai tokoh di
antaranya yaitu John Locke, J.J. Rousseau, Gessell, Charles Darwin, Jean
Piaget, Kohlberg, Sigmund Freud, Erick Erikson. Di antara berbagai pelopor
teori perkembanga tersebut, teori yang sering dipakai yaitu teori perkembangan
menurut Jean Piaget. John Piaget merupakan seorang psikolog Swiss. Piaget
berpendapat bahwa perkembangan manusia dapat digambarkan dalam konsep fungsi
dan struktur. Teori ini berpendapat bahwa kita membangun kemampuan kognitif melalui
tindakan yang termotivasi sendirinya terhadap lingkungan. Piaget membagi
tahapan perkembangan manusia menurut tahapan usia, yaitu pertama tahap
Sensorimotor pada usia 0-2 tahun dimana manusia mengalami tindakan fisik
seperti menghisap, menggenggam, dan memukul untuk menghadapi dunia yang muncul
di hadapannya. Kedua yaitu tahap Pra Operasional pada usia 2-6 tahun dimana
anak mulai menggunakan simbol-simbol untuk mempresentasi lingkungannya secara
kognitif, simbol-simbol tersebut seperti kata-kata dan bilangan yang dapat
menggantikan objek. Ketiga yaitu tahap Operasional Konkret pada usia 6-11 tahun
dimana anak sudah dapat membentuk operasi-operasi mental atas pengetahuan yang
mereka miliki. Mereka dapat menambah, mengurangi dan mengubah. Tahap ini memungkinkan
si anak untuk dapat memecahkan permasalahan yang logis. Dan yang terakhir yaitu
tahap Operasi Formal dimana anak atau remaja sudah dapat berhubungan dengan
peristiwa-peristiwa hipotesis atau abstrak, tidak hanya dengan objek-objek
konkret. Remaja sudah dapat berpikir abstrak dan memecahkan masalah melalui
pengujian semua alternatif yang ada.
Demikianlah
penjelasan saya, semoga bermanfaat yaaa…
Wassalamualaikum
Wr.Wb.
Mata
Kuliah : Pembelajaran PKN di SD
Dosen
: Dirgantara Wicaksono
No comments:
Post a Comment