Friday, May 15, 2015

Perkembangan Manusia


Assalamualaikum Wr.Wb.
Selamat malam, selamat membaca sedikit penjelasan mengenai Perkembangan Manusia khususnya perkembangan peserta didik. Check it out!

Manusia hidup mulai dari lahir ke dunia sampai ajal menjemput telah mengalami perkembangan. Perkembangan diartikan sebagai tumbuh kembang, mengalami perubahan bentuk maupun rohani. Bahkan di dalam Alquran Surat Al mu’min ayat 67 telah dijelaskan bahwa adanya perkembangan pada manusia. Perkembangan diartikan sebagai pertumbuhan, penyesuaian, dan perubahan yang teratur dan berlangsung lama sepanjang perjalanan hidup. Perkembangan dialami dengan adanya tanda perubahan secara berlangsung lama artinya dialami secara terus menerus dan berlaku selama masa hidupnya di dunia. Pada dasarnya ciri-ciri perkembangan dapat didefinisikan yaitu perkembangan berlangsung secara terintegrasi, lalu setiap manusia memiliki kecepatan perkembangan masing-masing yang tentunya berbeda setiap individu. Perbedaan ini mengartikan bahwa perkembangan manusia memiliki variasi. Lalu ciri selanjutnya yaitu perkembangan tidak terjadi secara sekaligus, akan tetapi perkembangan terjadi secara bertahap tergantung masanya, perkembangan dapat diartikan berlangsung secara berkelanjutan. Perkembangan juga dipengaruhi dari faktor lingkungannya. Apabila lingkungannya mendukung untuk proses perkembangannya, maka perkembangan manusi tersebut akan berjalan semestinya. Dan sebaliknya, apabila faktor lingkungannya kurang mendukung, maka tahap perkembangannya pun akan berpengaruh pada diri siswa tersebut. Perkembangan yang mudah dapat dilihat oleh mata kita yaitu perkembangan secara jasmani. Perkembangan jasmani ditandai dengan perubahan-perubahan seperti berat badan, tinggi badan, serta aktivitas yang manusia lakukan.
Terdapat bermacam-macam teori-teori perkembangan yang dipelopori oleh berbagai tokoh di antaranya yaitu John Locke, J.J. Rousseau, Gessell, Charles Darwin, Jean Piaget, Kohlberg, Sigmund Freud, Erick Erikson. Di antara berbagai pelopor teori perkembanga tersebut, teori yang sering dipakai yaitu teori perkembangan menurut Jean Piaget. John Piaget merupakan seorang psikolog Swiss. Piaget berpendapat bahwa perkembangan manusia dapat digambarkan dalam konsep fungsi dan struktur. Teori ini berpendapat bahwa kita membangun kemampuan kognitif melalui tindakan yang termotivasi sendirinya terhadap lingkungan. Piaget membagi tahapan perkembangan manusia menurut tahapan usia, yaitu pertama tahap Sensorimotor pada usia 0-2 tahun dimana manusia mengalami tindakan fisik seperti menghisap, menggenggam, dan memukul untuk menghadapi dunia yang muncul di hadapannya. Kedua yaitu tahap Pra Operasional pada usia 2-6 tahun dimana anak mulai menggunakan simbol-simbol untuk mempresentasi lingkungannya secara kognitif, simbol-simbol tersebut seperti kata-kata dan bilangan yang dapat menggantikan objek. Ketiga yaitu tahap Operasional Konkret pada usia 6-11 tahun dimana anak sudah dapat membentuk operasi-operasi mental atas pengetahuan yang mereka miliki. Mereka dapat menambah, mengurangi dan mengubah. Tahap ini memungkinkan si anak untuk dapat memecahkan permasalahan yang logis. Dan yang terakhir yaitu tahap Operasi Formal dimana anak atau remaja sudah dapat berhubungan dengan peristiwa-peristiwa hipotesis atau abstrak, tidak hanya dengan objek-objek konkret. Remaja sudah dapat berpikir abstrak dan memecahkan masalah melalui pengujian semua alternatif  yang ada.

Demikianlah penjelasan saya, semoga bermanfaat yaaa…
Wassalamualaikum Wr.Wb.

Mata Kuliah : Pembelajaran PKN di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono

No comments:

Post a Comment