Monday, May 25, 2015

Pembelajaran Efektif

Assalamualaikum Wr.Wb

Selamat malam teman-teman dimanapun kalian berada, saya akan menjelaskan sedikit tentang pembelajaran yang efektif menurut hasil resume saya dalam buku "Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan". check it out!


Pembelajaran efektif merupakan kegiatan belajar mengajar yang menyesuaikan keadaan, baik itu waktu, suasana, sarana prasarana, dan hal apapun yang terkait dengan penunjang pembelajaran. Pembelajaran yang efektif salah satunya yaitu dengan mempertimbangkan waktu yang dibutuhkan peserta didik dalam menjalankan pembelajaran, biasanya peserta didik mendapatkan waktu 6 jam per hari dalam proses pembelajaran. Dari 6 jam pelajaran disesuaikan dengan materi pelajaran yang diajarkan per hari.
Pembelajaran yang efektif salah satunya mempertimbangkan teknik atau strategi yang akan diterapkan pendidik di dalam kelas. Pendidik harus mengetahui dan memahami strategi apa yang sekiranya pantas dan cocok diterapkan saat pembelajaran agar tercipta suasana yang efektif. Pembelajaran yang efektif dapat dikatakan sebagai manajamen kelas dimana pendidik lah yang berhak menciptakan dan mengembangkan pembelajaran menjadi lebih efektif.
Selain itu, pembelajaran yang efektif dapat diciptakan dengan menerapkan pembelajaran yang kondusif. Artinya, pembelajaran harus disesuaikan dengan kondusi yang benar-benar sesuai dan mendukung keberlangsungan proses pembelajaran. Kondisi ini bisa ditunjang dengan kemampuan pendidik menciptakan suasana di kelas terkait dengan kesesuaiannya dengan lingkungan belajar. Adapun lingkungan dibagi menjadi lingkungan fisik dan sosial. Lingkungan fisik yang mempengaruhi pembelajaran yaitu lingkungan yang ada di sekitar peserta didik seperti ruang kelas untuk belajar, pencahayaan, pengudaraan, pewarnaan, media belajar, alat belajar, sumber belajar, pajangan serta penataannya. Sedangkan lingkungan sosial seperti bagaimana siswa berinteraksi dengan siswa lainnya, atau dengan guru, atau dengan lingkungan sekolah seperti penjaga sekolah, penjaga kantin, tata usaha, dan lain-lain.
Pembelajaran yang efektif pada dasarnya dipengaruhi dengan adanya komunikasi antara pendidik dengan peserta didik. Pendidik harus memahami apa yang menjadi kebutuhan peserta didik, apa yang dirasa kurang atau menghambat pembelajaran peserta didik, pendidik diharuskan berdialog dengan peserta didik agar menjalin hubungan harmonis antara pemberi ilmu dan penerima ilmu.
Dan pada akhirnya pembelajaran yang efektif akan terwujud apabila ada kemauan yang kuat dari diri pendidik untuk mengubah pola pembelajaran yang biasa-biasa saja menjadi luar biasa tanpa menghilangkan substansi efektif itu sendiri. Pendidik harus memiliki intelektual dan daya cipta yang tinggi agar dapat menerapkan pembelajaran yang efektif di dalam kelas. Dengan adanya pembelajaran yang efektif, akan memberikan harapan bagi sistem pendidikan nasional kita yang menghasilkan generasi emas penerus bangsa untuk beberapa tahun ke depan. Pembelajaran yang efektif akan memberikan substansi penting atau arti penting untuk menciptakan iklim kelas yang baik dan menghasilkan suatu hasil.

Demikian penjelasan dari saya, mohon maaf apabila ada yang kurang berkenaan. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Mata Kuliah : Pembelajaran PKN di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono

No comments:

Post a Comment