Selamat malam teman-teman dimanapun kalian berada, saya akan menjelaskan sedikit tentang pembelajaran yang efektif menurut hasil resume saya dalam buku "Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan". check it out!
Pembelajaran
efektif merupakan kegiatan belajar mengajar yang menyesuaikan keadaan, baik itu
waktu, suasana, sarana prasarana, dan hal apapun yang terkait dengan penunjang
pembelajaran. Pembelajaran yang efektif salah satunya yaitu dengan
mempertimbangkan waktu yang dibutuhkan peserta didik dalam menjalankan
pembelajaran, biasanya peserta didik mendapatkan waktu 6 jam per hari dalam
proses pembelajaran. Dari 6 jam pelajaran disesuaikan dengan materi pelajaran
yang diajarkan per hari.
Pembelajaran
yang efektif salah satunya mempertimbangkan teknik atau strategi yang akan
diterapkan pendidik di dalam kelas. Pendidik harus mengetahui dan memahami
strategi apa yang sekiranya pantas dan cocok diterapkan saat pembelajaran agar
tercipta suasana yang efektif. Pembelajaran yang efektif dapat dikatakan
sebagai manajamen kelas dimana pendidik lah yang berhak menciptakan dan mengembangkan
pembelajaran menjadi lebih efektif.
Selain
itu, pembelajaran yang efektif dapat diciptakan dengan menerapkan pembelajaran
yang kondusif. Artinya, pembelajaran harus disesuaikan dengan kondusi yang
benar-benar sesuai dan mendukung keberlangsungan proses pembelajaran. Kondisi ini
bisa ditunjang dengan kemampuan pendidik menciptakan suasana di kelas terkait
dengan kesesuaiannya dengan lingkungan belajar. Adapun lingkungan dibagi
menjadi lingkungan fisik dan sosial. Lingkungan fisik yang mempengaruhi
pembelajaran yaitu lingkungan yang ada di sekitar peserta didik seperti ruang
kelas untuk belajar, pencahayaan, pengudaraan, pewarnaan, media belajar, alat
belajar, sumber belajar, pajangan serta penataannya. Sedangkan lingkungan
sosial seperti bagaimana siswa berinteraksi dengan siswa lainnya, atau dengan
guru, atau dengan lingkungan sekolah seperti penjaga sekolah, penjaga kantin,
tata usaha, dan lain-lain.
Pembelajaran
yang efektif pada dasarnya dipengaruhi dengan adanya komunikasi antara pendidik
dengan peserta didik. Pendidik harus memahami apa yang menjadi kebutuhan
peserta didik, apa yang dirasa kurang atau menghambat pembelajaran peserta
didik, pendidik diharuskan berdialog dengan peserta didik agar menjalin
hubungan harmonis antara pemberi ilmu dan penerima ilmu.
Dan
pada akhirnya pembelajaran yang efektif akan terwujud apabila ada kemauan yang
kuat dari diri pendidik untuk mengubah pola pembelajaran yang biasa-biasa saja
menjadi luar biasa tanpa menghilangkan substansi efektif itu sendiri. Pendidik harus
memiliki intelektual dan daya cipta yang tinggi agar dapat menerapkan
pembelajaran yang efektif di dalam kelas. Dengan adanya pembelajaran yang
efektif, akan memberikan harapan bagi sistem pendidikan nasional kita yang
menghasilkan generasi emas penerus bangsa untuk beberapa tahun ke depan. Pembelajaran
yang efektif akan memberikan substansi penting atau arti penting untuk
menciptakan iklim kelas yang baik dan menghasilkan suatu hasil.
Demikian penjelasan dari saya, mohon maaf apabila ada yang kurang berkenaan. Terima kasih.
Wassalamualaikum Wr.Wb.
Mata Kuliah : Pembelajaran PKN di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono
No comments:
Post a Comment