Thursday, May 7, 2015

Pengertian Belajar


Assalamualaikum Wr.Wb.
Hallo readers, have a nice day!
Tonight I will describe ‘bout study, what the first think when you hear “study”?

Baiklah, menurut saya sebagai calon guru SD sangat penting kita mengetahui tentang apa sih belajar itu. Disini saya akan menjelaskan pengertian belajar, nd check it out!!!!

Belajar diartikan dalam banyak versi, dimana keragaman itu terjadi diantaranya karena adanya penekanan yang berbeda dalam memandang belajar. Dalam kajian teori belajar, keragaman tentang pengertian belajar setidaknya dikategorikan dalam tiga kategori yaitu pengertian teori belajar behavioristik, teori belajar kognitivistik, dan teori belajar konstruktivistik.
  1. Belajar menurut golongan behavioristik dipandang sebagai proses adaptasi atau penyesuaian tingkah laku yang berlangsung secara progresif, “…a process of progressive behavior adaptation” (Skiner; Barlow; Syah,2001:90). Timbulnya tingkah laku itu disebabkan oleh adanya hubungan stimulus dengan respon dimana suatu stimuli tertentu akan menyebabkan respon tertentu dari individu. 
  2. Kemudian belajar menurut golongan kognitivistik belajar dipandang sebagai proses aktif individu dalam memproses informasi (Bruer; O’Neil dan Perez:2003). 
  3. Selanjutnya faham konstruktivisme memandang belajar sebagai proses aktif pebelajar dalam mengkonstruk ilmu pengetahuan melalui proses aktif pebelajar dalam mengkonstruk ilmu pengetahuan melalui proses seleksi, organisasi, dan integrasi informasi (Mayer; O’Neil dan Perez:2003). Ada kesepadanan pandangan tentang belajar antara kaum kognitivistik dan konstruktivistik, belajar sebagai proses aktif individu dalam mengkonstruksi pengetahuan atau informasi. Sehingga ada sebagian ahli yang memasukkan kedua pandangan tentang belajar ini dalam satu golongan.
Kemudian berdasarkan pada hasil penyelidikannya, Gagne (1992) memandang belajar sebagai proses internal dan melibatkan unsur kognitif. Dimana unsur internal ini berinteraksi dengan lingkungan eksternal sehingga terjadi perubahan pada diri individu atau siswa yang berupa kemampuan tertentu.
Jadi, kesimpulan dari saya bahwa belajar merupakan perubahan tingkah laku yang dialami peserta didik mulai dari hal yang belum diketahui hingga diketahui sehingga ada pengalaman-pengalaman yang bermakna.
Nah gimana??? Ngerti kan temen-temen??? Belajar itu gampang ko, its just a part of our life! See you next time!
Wassalamualaikum Wr.Wb.

Daftar Pustaka : Kurniawan,Deni. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktek, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta)

Mata Kuliah : Pembelajaran PKN di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono

No comments:

Post a Comment