Assalamualaikum Wr.Wb.
Hallo readers, have a
nice day!
Tonight I will describe
‘bout study, what the first think when you hear “study”?
Baiklah, menurut saya
sebagai calon guru SD sangat penting kita mengetahui tentang apa sih belajar itu. Disini
saya akan menjelaskan pengertian belajar, nd check it out!!!!
Belajar diartikan dalam
banyak versi, dimana keragaman itu terjadi diantaranya karena adanya penekanan
yang berbeda dalam memandang belajar. Dalam kajian teori belajar, keragaman
tentang pengertian belajar setidaknya dikategorikan dalam tiga kategori yaitu
pengertian teori belajar behavioristik, teori belajar kognitivistik, dan teori
belajar konstruktivistik.
- Belajar menurut golongan behavioristik dipandang sebagai proses adaptasi atau penyesuaian tingkah laku yang berlangsung secara progresif, “…a process of progressive behavior adaptation” (Skiner; Barlow; Syah,2001:90). Timbulnya tingkah laku itu disebabkan oleh adanya hubungan stimulus dengan respon dimana suatu stimuli tertentu akan menyebabkan respon tertentu dari individu.
- Kemudian belajar menurut golongan kognitivistik belajar dipandang sebagai proses aktif individu dalam memproses informasi (Bruer; O’Neil dan Perez:2003).
- Selanjutnya faham konstruktivisme memandang belajar sebagai proses aktif pebelajar dalam mengkonstruk ilmu pengetahuan melalui proses aktif pebelajar dalam mengkonstruk ilmu pengetahuan melalui proses seleksi, organisasi, dan integrasi informasi (Mayer; O’Neil dan Perez:2003). Ada kesepadanan pandangan tentang belajar antara kaum kognitivistik dan konstruktivistik, belajar sebagai proses aktif individu dalam mengkonstruksi pengetahuan atau informasi. Sehingga ada sebagian ahli yang memasukkan kedua pandangan tentang belajar ini dalam satu golongan.
Kemudian berdasarkan
pada hasil penyelidikannya, Gagne (1992) memandang belajar sebagai proses
internal dan melibatkan unsur kognitif. Dimana unsur internal ini berinteraksi
dengan lingkungan eksternal sehingga terjadi perubahan pada diri individu atau
siswa yang berupa kemampuan tertentu.
Jadi, kesimpulan dari saya
bahwa belajar merupakan perubahan tingkah laku yang dialami peserta didik mulai
dari hal yang belum diketahui hingga diketahui sehingga ada
pengalaman-pengalaman yang bermakna.
Nah gimana??? Ngerti
kan temen-temen??? Belajar itu gampang ko, its just a part of our life! See you
next time!
Wassalamualaikum Wr.Wb.
Daftar Pustaka :
Kurniawan,Deni. 2014. Pembelajaran
Terpadu Tematik (Teori, Praktek, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta)
Mata Kuliah : Pembelajaran PKN di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono
No comments:
Post a Comment