Saturday, June 6, 2015

Model Nested

Assalamualaikum Wr. Wb.


Apa kabar temen-temen? semoga selalu dalam keadaan sehat wa afiat, aamiin.
hari ini saya akan share mengenai Model Nested, kalian tahu apa itu model nested? Model Nested merupakan salah satu model tematik temen-temen. Lebih jelasnya yuk dibaca!!! 
Pembelajaran terpadu model Nested merupakan model pembelajaran yang mengintegrasikan kurikulum di dalam satu disiplin ilmu secara khusus meletakkan fokus pengintegrasian pada sejumlah keterampilan belajar yang ingin dilatihkan oleh seorang guru kepada siswanya dalam suatu unit pembelajaran untuk ketercapaian materi pelajaran (content). Keterampilan-keterampilan belajar itu meliputi keterampilan bepikir (thingking skill), keterampilan sosial (social skill), dan keterampilan mengorganisasi (organizing skill) Fogarty (1991: 23).

Model pembelajaran terpadu tipe Nested atau tersarang adalah integrasi desain guna memperkaya segala hal yang digunakan oleh guru supaya terlihat lebih terampil. Mereka tahu bagaimana untuk mendapatkan jarak tempuh yang paling efektif dari pelajaran apapun. Tapi, dalam pendekatan Nested untuk instruksi perencanaan diperlukan beberapa sasaran yang tepat untuk belajar siswa. Namun, integrasi Nested mengambil keuntungan dari kombinasi alam sehingga tugas tersebut tampaknya cukup mudah.

Model Sarang (Nested) adalah model pembelajaran terpadu yang target utamanya adalah materi pelajaran yang dikaitkan dengan keterampilan berpikir dan keterampilan mengorganisasi. Artinya memadukan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik serta memadukan keterampilan proses, sikap dan komunikasi.

Di sisi lain model Nested adalah model pembelajaran terpadu yang target utamanya adalah materi pelajaran yang dikaitkan dengan keterampilan berfikir dan keterampilan mengorganisasi.Artinya memadukan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik serta memadukan keterampilan proses, sikap dan komunikasi. Model ini masih memfokuskan keterpaduan beberapa aspek pada satu mata pelajaran saja. Tetapi materi pelajaran masih ditempatkan pada prioritas utama yang kemudian dilengkapi dengan aspek keterampilan lain.
Dalam organisasi kurikulum model tersarang (nested) ini, yaitu integrasi multi target kemampuan yang ingin dicapai disajikan dalam satu topik yang ada satu mata pelajaran tertentu. Contoh, kemampuan sosial, kemampuan berfikir, dan kemampuan penguasaan materi pelajaran diintegrasikan dalam satu topik materi fotosintesis pada mata pelajaran IPA.
Model integrasi ini menurut Fogarty, biasanya digunakan oleh guru yang sudah terlatih. Mereka tahu bagaimana cara mencapai tujuan yang majemuk (multiple) dan sangat penting dari suatu mata pelajaran. Dalam pelaksanaannya perlu perencanaan yang hati-hati untuk menentukan tujuan belajar siswa yang kompleks. Pengintegrasian model nested memiliki suatu keuntungan karena kombinasi kemampuan yang ingin dicapai lebih bersifat alamiah. Sehingga dalam pencapaiannya relatif lebih mudah dilakukan. Dikatakan alamiah karena dalam pembelajaran sesungguhnya bertujuan untuk mencapai tujuan khusus tertentu, yang mana dalam kategori Bloom terdiri dari tiga domain kemampuan yaitu kognitif, afektif, dan motorik. Artinya, pencapaian tujuan kemampuan yang majemuk dan padu adalah hal standar dalam pembelajaran.

Model Nested sangat cocok digunakan ketika guru ingin memasukkan kemampuan berfikir dan kemampuan sosial ke dalam isi pelajaran. Sementara tetap fokus pada tujuan penguasaan materi, ditambahkan dengan pembentukan kemampuan berfikir dan kemampuan sosial didalamnya. Penguasaan konsep, pembentukan sikap, dan keterampilan berfikir dipadukan dalam satu kegiatan belajar. Upaya ini akan lebih meningkatkan kualitas pengalaman belajar siswa.

Sekian, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Mata Kuliah : Pembelajaran PKN di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono

No comments:

Post a Comment