Apa kabar temen-temen? semoga selalu dalam keadaan sehat wa afiat, aamiin.
hari ini saya akan share mengenai Model Nested, kalian tahu apa itu model nested? Model Nested merupakan salah satu model tematik temen-temen. Lebih jelasnya yuk dibaca!!!
Pembelajaran
terpadu model Nested merupakan model pembelajaran yang mengintegrasikan
kurikulum di dalam satu disiplin ilmu secara khusus meletakkan fokus
pengintegrasian pada sejumlah keterampilan belajar yang ingin dilatihkan oleh
seorang guru kepada siswanya dalam suatu unit pembelajaran untuk ketercapaian
materi pelajaran (content). Keterampilan-keterampilan belajar itu
meliputi keterampilan bepikir (thingking skill), keterampilan sosial (social
skill), dan keterampilan mengorganisasi (organizing skill) Fogarty
(1991: 23).
Model
pembelajaran terpadu tipe Nested atau tersarang adalah
integrasi desain guna memperkaya segala hal yang digunakan oleh guru supaya
terlihat lebih terampil. Mereka tahu bagaimana untuk mendapatkan jarak tempuh
yang paling efektif dari pelajaran apapun. Tapi, dalam pendekatan Nested untuk
instruksi perencanaan diperlukan beberapa sasaran yang tepat untuk belajar
siswa. Namun, integrasi Nested mengambil keuntungan dari
kombinasi alam sehingga tugas tersebut tampaknya cukup mudah.
Model
Sarang (Nested) adalah model pembelajaran terpadu yang target
utamanya adalah materi pelajaran yang dikaitkan dengan keterampilan berpikir
dan keterampilan mengorganisasi. Artinya memadukan aspek kognitif, afektif dan
psikomotorik serta memadukan keterampilan proses, sikap dan komunikasi.
Di sisi lain model Nested adalah
model pembelajaran terpadu yang target utamanya adalah materi pelajaran yang
dikaitkan dengan keterampilan berfikir dan keterampilan mengorganisasi.Artinya
memadukan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik serta memadukan keterampilan
proses, sikap dan komunikasi. Model ini masih memfokuskan keterpaduan beberapa
aspek pada satu mata pelajaran saja. Tetapi materi pelajaran masih ditempatkan
pada prioritas utama yang kemudian dilengkapi dengan aspek keterampilan lain.
Dalam organisasi kurikulum model
tersarang (nested) ini, yaitu
integrasi multi target kemampuan yang ingin dicapai disajikan dalam satu topik
yang ada satu mata pelajaran tertentu. Contoh, kemampuan sosial, kemampuan
berfikir, dan kemampuan penguasaan materi pelajaran diintegrasikan dalam satu
topik materi fotosintesis pada mata pelajaran IPA.
Model integrasi ini menurut
Fogarty, biasanya digunakan oleh guru yang sudah terlatih. Mereka tahu
bagaimana cara mencapai tujuan yang majemuk (multiple)
dan sangat penting dari suatu mata pelajaran. Dalam pelaksanaannya perlu
perencanaan yang hati-hati untuk menentukan tujuan belajar siswa yang kompleks.
Pengintegrasian model nested memiliki suatu keuntungan karena kombinasi
kemampuan yang ingin dicapai lebih bersifat alamiah. Sehingga dalam
pencapaiannya relatif lebih mudah dilakukan. Dikatakan alamiah karena dalam
pembelajaran sesungguhnya bertujuan untuk mencapai tujuan khusus tertentu, yang
mana dalam kategori Bloom terdiri dari tiga domain kemampuan yaitu kognitif,
afektif, dan motorik. Artinya, pencapaian tujuan kemampuan yang majemuk dan
padu adalah hal standar dalam pembelajaran.
Model Nested sangat cocok digunakan
ketika guru ingin memasukkan kemampuan berfikir dan kemampuan sosial ke dalam
isi pelajaran. Sementara tetap fokus pada tujuan penguasaan materi, ditambahkan
dengan pembentukan kemampuan berfikir dan kemampuan sosial didalamnya.
Penguasaan konsep, pembentukan sikap, dan keterampilan berfikir dipadukan dalam
satu kegiatan belajar. Upaya ini akan lebih meningkatkan kualitas pengalaman
belajar siswa.
Sekian, semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Mata Kuliah : Pembelajaran PKN di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono
No comments:
Post a Comment