Saturday, June 13, 2015

Manfaat Media di Sekolah


Pertama, pemanfaatan media secara terkontrol yakni media itu digunakan dalam suatu rangkaian kegiatan yang diatur secara sistematik untuk mencapai tujuan tertentu, seperti pemanfaatannya didalam kelas dan pada program pendidikan jarak jauh. Hasil belajar melalui pemanfaatan media secara terkontrol ini biasanya dievaluasi secara teratur dengan alat evaluasi yang terukur.
Kedua, pemanfaatan media secara bebas (tidak terkontrol) yakni pemanfaatannya tanpa ada kontrol atau pengawasan, seperti media-media yang dimanfaatkan masyarakat secara luas dengan cara membeli. Masyarakat itu sendirilah yang menentukan tujuan pemanfaatannya yaitu dengan menyesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing seperti pemanfaatan kaset pelajaran bahasa Inggris, viedo interaktif tentang Belajar Membaca Al-Qur’an, dll.
Ketiga, pemanfaatan media dilihat dari jumlah penggunaannya yaitu secara perorangan, secara kelompok, dan massal. Pemanfaatan media secara perorangan biasanya dilengkapi dengan petunjuk penggunaannya, sehingga pengguna dapat memanfaatkannya secara mandiri, seperti modul. Pemanfaatan media secara kelompok, baik kelompok kecil (2 s/d 8 orang) maupun kelompok besar (9 s/d 40 orang). Media untuk kelompok ini biasanya dilengkapi buku petunjuk bagi pimpinan kelompoknya. Setelah atau sebelum memanfaatkan media, kelompok dapat melakukan diskusi. Terakhir, media yang dimanfaatkan secara massal (mulai puluhan, ratusan, hingga ribuan orang). Media untuk massal ini biasanya disalurkan melalui pemancar, seperti radio dan televisi. Sebelum memanfaatkan media ini, peserta diberi bahan tercetak yang memuat tujuan pembelajaran, garis besar isi, petunjuk tindak lanjut, dan bahan dari sumber lain untuk pendalaman pemahaman.

Mata kuliah : pembelajaran PKN di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono

No comments:

Post a Comment