Sunday, May 17, 2015

Indikator Pendidikan

Assalamualaikum Wr.Wb
Selamat Malam ! Bagaimana long weekend nya guys? semoga menyenangkan yaa.. malam ini saya akan memberikan informasi mengenai indikator pendidikan. apa sih artinya? Simak yaah..


Menurut  E Mulyasa indikator merupakan penjabaran dari kompetensi dasar yang menunjukkan tanda-tanda perbuatan dan respon yang dilakukan atau ditampilkan oleh peserta didik. Indikator juga dikembangkan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan potensi daerah, peserta didik dan juga dirumuskan dalam rapat kerja operasional yang dapat diukur dan diobservasi sehingga dapat digunakan sebagai dasar dalam penyusunan alat penilaian.
Sedangkan menurut Darwin Syah indikator pembelajaran adalah karakteristik, ciri-ciri, tanda-tanda perbuatan atau respon yang dilakukan oleh siswa untuk menunjukkan bahwa siswa telah memiliki kompetensi dasar tertentu.
Indikator  juga dapat diartikan sebagai kompetensi dasar secara spesifik yang dapat dijadikan untuk menilai ketercapaian hasil pembelajaran dan juga dijadikan tolak ukur sejauh mana penguasaan siswa terhadap suatu pokok bahasan atau mata pelajaran tertentu.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa indikator merupakan suatu indikasi yang menunjukkan tentang posisi ( kualitas, kuantitas, pemerataan, persamaan hak ) dalam memperoleh pendidikan.
            Dalam merumuskan indikator perlu diperhatikan beberapa ketentuan sebagai berikut:
a)      Setiap KD dikembangkan sekurang-kurangnya menjadi tiga indikator
b)      Keseluruhan indikator memenuhi tuntutan kompetensi yang tertuang dalam kata kerja yang digunakan dalam SK dan KD. Indikator harus mencapai tingkat kompetensi minimal KD dan dapat dikembangkan melebihi kompetensi minimal sesuai dengan potensi dan kebutuhan peserta didik
c)      Indikator yang dikembangkan harus menggambarkan hirarki kompetensi.
d)     Rumusan indikator sekurang-kurangnya mencakup dua aspek, yaitu tingkat kompetensi dan materi pembelajaran.
e)      Indikator harus dapat mengakomodir karakteristik mata pelajaran sehingga menggunakan kata kerja operasional yang sesuai.
f)       Rumusan indikator dapat dikembangkan menjadi beberapa indikator penilaian yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan/atau psikomotorik

Demikian yaa sedikit penjelasan mengenai indikator pendidikan. Semoga baik penulis maupun pembaca dapat mengerti, aamiin.
Wassalamualaikum Wr.Wb


Mata Kuliah : Pembelajaran PKN di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono

No comments:

Post a Comment